Word of 2012 : #Kamseupay dan #Kowawa \(´▽`)/

Tahun 2012 memang baru saja dimulai. Sekarang saja baru memasuki bulan kedua di tahun ini. Tapi rupanya, walaupun masih awal tahun, sudah ada 2 “kosa kata” baru yang nampaknya akan menjadi kata yang populer. Ya paling tidak, kata-kata ini sempat mengalami euphoria saat pertama kali muncul.

Tapi sebelum membahas itu, boleh deh flashback dulu ke tahun 2011. Paling tidak, ada 4 kosa kata yang menurut saya cukup hype di tahun tersebut. Peringkat 1, jelas, “GALAU” jadi word of 2011. Siapa sih yang tidak tahu kata ini. Saya sendiri kurang tahu bagaimana asal muasal kata ini. Di KBBI sendiri, saya rasa kata ini ada di dalamnya. Titi DJ sendiri pernah menggunakan kata ini sebagai judul lagu di tahun 2006 (kalau tidak salah). Tapi saat itu masih belum populer. Kalau menurut saya, kata ini mulai populer saat penyanyi Vidi Aldiano menggunakannya di salah satu bait pada lagunya “Cemburu Menguras Hati”. Ada liriknya seperti ini “… galau kini menyiksa diri…” Lagu itu cukup populer. Ditambah, kata ini muncul saat twitter juga sudah populer. So, bisa dibilang, kata ini juga populer berkat sosial media. Nah, kata kedua dan ketiga yang masuk ke dalam daftar word of 2011 adalah “SESUATU” dan “ALHAMDULILAH YA”. Sudah pada tahu lah ya, siapa yang menciptakan dan mempopulerkan. Tidak lain dan tidak bukan, dialah Syahrini yang mempopulerkan berikut dengan cara mengucapkannya yang memang “sesuatu” banget ya. Hehehe. Nah, kata keempat adalah “Asik asik”. Kosa kata yang satu ini memang tidak cukup bertahan lama. Tapi tetap sempat populer. Kata ini diucapkan dan dipopulerkan oleh Ayu Ting Ting.

Nah sekarang mulai deh, kita bahas dua kata yang cukup populer di bulan pertama tahun 2012 ini. yang pertama adalah #Kamseupay.


Courtesy : tuanputriburukrupa.blogspot.com

Saat kata ini muncul, rupanya kata ini sempat masuk trending topic di twitter. Asal usul kata ini, sudah pada tahu ya? Hehehe. Kata ini dipopulerkan oleh lulusan S3, Marissa Haque di blognya. Saat itu Marissa mengatakan kata ini untuk menjelaskan sesuatu yang sifatnya kampungan. Jadi kalau kamu hendak mengatakan seseorang kampungan, kata “kamseupay” ini bisa jadi kosa kata baru yang menggambarkan hal tersebut. Kata ini saya nobatkan menjadi kata yang termasuk dalam daftar word of 2012. Entahlah apakah kata ini bisa menembus masuk KBBI atau tidak. Hahahaha.

Kalau kata kedua yang bisa masuk ke dalam daftar word of 2012 adalah #Kowawa.


Courtesy : Radio Ardan

Sebenarnya, setelah penulisan kata Kowawa, diikuti dengan emoticon seperti ini : \(´▽`)/. Jadi versi lengkap penulisannya adalah : KOWAWA \(´▽`)/. Ngetik emoticonnya agak PR sih buat saya, jadi saya sebut kowawa-nya saja ya. Nah, kalau kata yang satu ini dipopulerkan via twitter oleh pemilik akun si babik (@BabikBinal). Katanya sih tidak ada arti khusus tentang kowawa ini. Kata ini adalah sebuah ungkapan perasaan. Konon katanya, kata ini muncul saat si babik dan teman-temannya sedang bercanda bersama dan muncullah kata ini. Saya sempat berpikir, apakah ada cara khusus untuk mengucapkan kata ini. dan sempat mengira-ngira dan menarik kesimpulan sendiri seperti ini :
1. Awalanya saya pikir, kata ini punya arti kurang lebih “Gak nyambung deh lo!”, kenapa?
2. Karena kata ini muncul kan saat sedang kondisi becandaan beberapa orang. Jadi dalam bayangan saya, saat sedang ngobrol, bercanda, eh tiba-tiba ada yang berusaha nimbrung tapi gagal!
3. Nah, saat inilah sebagai ekspresi “ga nyambung deh lo!” muncul kata Kowawa.
4. Secara gak langsung, kata Kowawa ini muncul sebagai kata yang juga berarti “doenk!”, “gubrak!”, atau “duh! (sambil tepok jidat)”
5. Cara mengucapkannya? Dalam bayangan saya, cara ngomongnya sama kayak di acara “Gong Show” Trans TV. Pernah nonton kan? Pernah liat kan ketika hostnya setiap habis bilang “GONG SHOW….. Kowawawawaw..” Gitu lah menurut saya.
6. Jadi bisa dibilang juga, Kowawa ini adalah sebuah sound effect juga. Hahaha.
Well, 6 point diatas sih benar-benar murni pendapat saya. Jadi tidak tahu benar apa gak. Hehehe. Silakan tanya langsung aja sama yang menciptakan dan mempopulerkan.

Well, seperti yang saya bilang, ini baru bulan kedua. Masih ada 10 bulan lagi untuk 2012. Masih sangat mungkin akan muncul “kosa kata” baru. Kita lihat saja nanti. 🙂

Regards,

^DD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s