Pengalaman #PengawasUjian

Akhirnya dapet juga kesempatan untuk menjadi #PengawasUjian di kampus FISIP UAJY. Yes, saya mendapat kesempatan untuk menjadi pengawas ujian di semester genap 2010-2011, bersama dengan 14 teman lain : Iot, Ade Ivan (yang kemudian secara bergantian diganti oleh Aring & Pindho), Olen., Meda, Egin, Mas Ary, Tumbur, Erwin, Angela, Aya, Chacha, Daniel, Wina, dan Ticka.

Untuk menjadi pengawas ujian, kami mendaftar di Tata Usaha FISIP UAJY. Setelah beberapa lama, kami pun dihubungi lalu kemudian dibriefing mengenai bagaimana kerjanya. Kami bertugas saat Ujian Tengah Semester (UTS) di bulan Maret 2011 dan Ujian Akhir Semester (UAS) di bulan Mei 2011.

It was so much fun! Saat saya bertugas jadi pengawas ujian, duduk di depan kelas, melihat para peserta ujian, saya sempat membayangkan saat saya menjadi peserta ujian. Hahaha. Trust me, it’s undescribeable fun! Ngeliat tingkah polah para peserta ujian yang pasang muka bingung, muka serius, muka hopeless, sampe ngeliat gimana cara mereka mendapat jawaban. Apalagi sampe mergokin mereka nyontek atau bawa contekan. Oh. My. Geez. It was so much fun. Ya mau gak mau, nama pelaku itu pun harus ditulis di berita acara. Dan bawaannya pengen ketawa aja ngeliat polah-polah itu. Hahaha. *Jadi ngebayangin.. Dulu gw kayak gitu juga ga ya pas jadi peserta ujian? hahaha*

Pengalaman enak lainnya? Hmmm… Dapet snack dan makan siang. Hahaha. Dan juga *ehem* dibayar. Ya walaupun gak seberapa, tapi pengalaman itu selalu menjadi barang mahal yang gak bisa dibeli dengan harga berapapun.

Pengalaman enak lain lagi?? Ya itu tadi ya, bisa liat perilaku, bahasa tubuh, serta ekspresi para peserta ujian. Kalo gak enaknya, mmm…. Let me think.. Kayaknya seru-seru aja deh. Se-enggak enak-nya pengalaman pun tetep seru. Oh paling kalo misalnya jaga siang itu kadang-kadang suka ngantuk gitu ya. Apalagi abis jam makan siang. But I don’t think it’s a big deal. hehehe.

Well, hari ini (30 Mei 2011) adalah hari terakhir saya dan ke-14 teman lain bertugas sebagai pengawas ujian. Saya pribadi ngucapin terimakasih ke pihak fakultas ISIP UAJY atas kesempatannya. Sekali lagi, it was so much fun. Terimakasih atas kerjasamanya buat teman-teman pengawas ujian lainnya. Buat para peserta ujian, hehehe. Terimakasih telah menghibur saya dengan tingkah polah kalian. Hahaha. Next time, rasain deh jadi pengawas ujian. Jadi kalian bisa melihat ujian dari sisi yang lain.

So, who will join the #PengawasUjian squad for the next term (semester ganjil 2011-2012)??? Trust me, It’s FUN!!

P.S.
Sayang banget kami ber-15 belum sempat foto bareng. Hehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s