I’m learning about CDMA modem

Jadi ini berawal ketika saya berencana membeli modem CDMA. Namanya mau membeli produk eletronik, jadi sebisa mungkin udah tau dulu apa yang dibutuhin, trus barang yang mau dibeli kondisi dan spesifikasinya seperti apa. Kalau saya sih melakukan “survey” dan “observasi” pribadi mengenai modem CDMA ini. Mulai dari spesifikasi modem, harga, sampai operator yang pas untuk modemnya. Pas disini maksudnya pas secara harga, lokasi, dan kekuatan sinyal, karena TRUST ME, menggunakan USB modem (entah itu GSM ataupun CDMA) ada satu pepatah yang harus dianut : Posisi menentukan prestasi. Jadi kalau misalnya udah beli provider A, tapi ternyata lokasi tempat tinggal kita bukan coverage area-nya provider tersebut, ya udah kelar. Anda akan menjadi poor-vider. Haha.

Okay, selama proses mempelajari modem CDMA ini, sebagai orang awam yang gak mengerti banyak mengenai elektronik dan sejenisnya, ada beberapa hal yang baru saya tau dan kayaknya perlu diperhatikan ketika hendak membeli modem CDMA. Antara lain :

1. Di modem dan provider CDMA itu ada 3 macam speed, yaitu CDMA 2000 1x (max speed 153.6 Kbps), EVDO Rev.O (max speed 1.0 – 2.4 Mbps), dan EVDO Rev.A (max speed 3.1 Mbps). –>> So, kalau mau cepet, carilah provider yang sudah bisa EVDO Rev.A.

2. Di modem CDMA itu ada 2 jenis frequency, yaitu ada yang single band (800 Mhz) dan ada yang dual band (800/1900 Mhz). –>> Hal ini nantinya juga memiliki efek terhadap provider yang akan digunakan.

3. Ada beberapa provider untuk modem CDMA : AhA dari Esia, Smart, Flexi, StarOne, dan Fren. Selain perbedaan dari harga-harga yang ditawarkan (yang itu mungkin silakan kalian pelajari sendiri ya. Karena harga kan berubah-ubah), salah satu unsur dasar yang membedakan adalah provider smart bekerja di frequency 1900 Mhz. –>> Jadi ketika kamu membeli modem yang ternyata hanya single band (800 mhz), jangan berpikir untuk menggunakan provider ini. Karena tidak compatible.

Kayaknya itu aja deh. Kesimpulannya, dari saya pribadi, hal yang perlu diperhatikan ketika membeli modem CDMA adalah :
1. Cari modem yang sudah dual band. –>> Biar nanti kalau mau ganti2 provider ga susah. Hahaha.
2. Cari provider yang sudah EVDO Rev.A dan jangan lupa, modemnya juga sudah bisa EVDO Rev.A. –>> jangan sampai percuma, sudah beli provider yang bisa Rev.A, tapi modemnya ternyata mentok di Rev.O. 🙂

Nah, modem dan provider apakah yang memenuhi syarat diatas?? Saya sih udah pegang jawabannya. Cuma saya gak mau share. Hahaha. Soalnya saya belum mencoba langsung modem & providernya. Baru sebatas baca-baca di internet dan udah ada yang memenuhi lah. Hehe. Selamat hunting guys! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s